Minggu, 01 Maret 2015

Berani Bicara Berani Bertanya


Melatih keberanian siswa dalam berbicara memang tidaklah mudah. Perlu ketekunan dan latihan yang rutin agar siswa bisa berani berbicara. Apalagi untuk membiasakan siswa untuk berani berbicara di depan kelas masih cukup sulit. Keberanian adalah suatu tindakan memperjuangkan sesuatu yang diangap penting, mampu menghadapi segala sesuatu yang dapat menghalanginya karena percaya kebenaranya dan suatu sifat mempertahankan

Melatih berani berbicara ada kaitannya dengan keinginan saya agar siswa juga berani bertanya. Sebagian besar siswa pasif untuk bertanya, dan bila diberi kesempatan untuk bertanya, hampir tidak ada seorangpun siswa yang bertanya. Kalaupun ada yang bertanya itupun hanya siswa tertentu saja, biasanya hanya siswa yang itu-itu saja.


Beberapa cara yang saya terapkan di kelas untuk melatih keberanian bercicara dan berlatih berani bertanya adalah sebagai berikut :
·   Biasaya pada awal tahun ajaran baru saya memberi aturan dengan memberi tugas setiap siswa menjadi ketua kelas bergantian setiap hari, dengan tugas antara lain setiap awal pelajaran maju ke depan kelas untuk menyiapkan seluruh siswa kelas dan berdoa. Ini saya latihkan setiap hari bergantian sesuai nomor urut absen agar anak terbiasa untuk menghilangkan perasaan takut dan malu untuk tampil dan berbicara di depan kelas.
·    Setiap usai mata pelajaran seluruh siswa menyiapkan secarik kertas untuk menuliskan pertanyaan, dimaksudkan sebagai latihan awal dengan asumsi siswa merasa malu bertanya karena takut atau malu ditertawakan karena pertanyaannya janggal atau memang belum pernah sama sekali punya pengalaman bertanya.
·     Tahap berkutnya disamping siswa menulis pertanyaan pada secarik kertas siswa juga membacakannya agar terdengar oleh teman-temannya, dari tahap ini dikandung maksud setidaknya siswa belajar mempersiapkan pertanyaan dengan ditulis terlebih dahulu dan kemudian dibacakan sendiri. 

Saya belum berani menjamin cara ini berhasil, karena saya belum ada kesempatan untuk mengukurnya sebagai penelitian tindakan kelas. Akan tetapi setidaknya saya sudah memulai meski hanya sebatas eksperimen sederhana. Saya hanya bisa merasakan saja kalau kegiatan ini begitu berharga bagi saya dalam rangka memotivasi anak dalam hal pembebasan jiwa, dan menghalau ketakutan yang selama ini ada dalam diri tiap siswa, yaitu siswa yang dalam dirinya terlanjur ada benih-benih rasa takut untuk berbicara, takut tampil di depan orang banyak, dan tidak berani bertanya.

Dengan adanya keberanian untuk bicara dan bertanya, bagi saya bisa menjadi modal utama agar siswa bisa merasa nyaman, bergairah, dan rajin mempersiapkan diri pada setiap mata pelajaran.

Semoga bermanfaat untuk teman sejawat.

by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Berani Bicara Berani Bertanya. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

http://laelasuliswati.blogspot.com/