Jumat, 06 Juni 2014

Berhasil Instalasi Dapodik di Windows 64bit tidak muncul Genap/-NaN

Laela Suliswati 64 bit Dapodik


Berhasil Instalasi Dapodik di Windows 64bit tidak muncul Genap/-NaN adalah Cara kedua dan merupakan solusi saya ketika mengalami kegagalan restore database dan copy paste folder Database ke aplikasi Dapodik di laptop ber OS Windows 64bit., saya lakukan terlebih dahulu cara pertama: Instalasi Dapodik danRestore database pada windows 32bit  hingga berhasil, dan saya transfer atau saya pindah manual database-nya ke Aplikasi Dapodik di Laptop Win 64 bit. Dan cara kedua ini saya urutkan dalam 4 Step::

Step 1
Laptop pertama (Windows 64bit) yang rencananya untuk server lokal dapodik, instal saja dengan aplikasi Dapodik sampai selesai, jangan lupa tempatkan folder prefill_dapodik di bawah drive C,
biarkan dulu step 1 ini dan beralih ke Step 2.

Catatan : pengalaman masalah, awalnya setelah instal aplikasi dapodikd pada win 64 bit ini, saya resstore data berekstensi dbz dengan dapodik helper tidak bisa berjalan normal alias gagal (data backup tidak saya ketahui berasal dari windows berapa bit), yang jelas kenyataanya restore database tidak berjalan sama sekali. Dan saya mencoba lakukan copy paste folder database juga tidak berhasil, akan muncul Genap / –NaN pada kolom periode.


Step 2
Step ke 2 ini sama dengan cara pertama: Instalasi Dapodikdas dan Restore database padawindows 32bit, secara singkat saya uraianya seperti ini:
Gunakan Laptop atau PC kedua (windows 32bit), instal aplikasi Dapodik sampai selesai dan restore data terakhir berekstensi dbz menggunakan Dapodik Helper . Selanjutnya copy folder Database (C:/Program Files/Dapodikdas/Database), dan tempatkan atau paste-kan ke flashdisk.

Step 3
Buka flasdisk anda yang ada file databse seperti pada step 2, delete 6 buah file dengan nama seperti dibawah ini
ü  pg_hba.conf
ü  pg_ident.conf
ü  postgresql.conf
ü  PG_VERSION
ü  postmaster.opts
ü  postmaster.pid
Folder lainnya dibawah folder Database (seperti folder base, global, pg_clog, dan yang lainnya) biarkan saja.

Step 4
Beralih ke Laptop pertama lagi (Win64bit), folder database pada Step 3 (ada di flasdisk) pastekan dan replace di Laptop pertama (64bit). pada folder C:/Program Files (x86) /Dapodikdas/.). Dimaksudkan untuk mengganti Folder Database di laptop 64bit dengan Folder Database dari dapodik laptop Win32bit minus 6 file. Jalankan lagi database server dari Services dengan mengklik Start. Buka Browser, ketik localhost:80…. Tadaa…dapodik berhasil dibuka  tanpa Genap _NaN lagi.

Pertanyaan: Mengapa demikian ?
Silahkan menuju ke Folder C:/Program Files (x86)/Dapodikdas/Database. Buka file postmaster.pid dengan Notepad, akan terlihat listing demikian:
C:/Program Files (x86)/Dapodikdas/pgsql/bin/postgres.exe "-D" "C:/Program Files (x86)/Dapodikdas/database"

Bedakan dengan file postmaster.pid pada OS 32 bit, terbaca listing demikian:
C:/Program Files/Dapodikdas/pgsql/bin/postgres.exe "-D" "C:/Program Files/Dapodikdas/database"

Inti perbedaan hanya pada Folder “Program Files (x86)”

Demikian mudah-mudahan dapat membantu rekanOPS. (saya seratus persen berhasil menggunakan cara ini..)

by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Berhasil Instalasi Dapodik di Windows 64bit tidak muncul Genap/-NaN. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

2 komentar :

  1. Alhamdulillah, terimakasih Bu. Semoga segala kebaikannya diganti dengan yang lebih baik lagi oleh Alloh, semua kealfaannya diampuni, setiap gerak langkahnya menjadi barokah. Amiin

    BalasHapus
  2. komputer yang ada 64 bit semua..
    bagaimana solusinya, Bu?

    BalasHapus

http://laelasuliswati.blogspot.com/