Jumat, 06 Juni 2014

Cara Mengatasi Instalasi Dapodik di Windows 32bit dan 64bit tidak muncul Genap /–NaN

Dapodik With Laela Suliswati

Ini pengalamanku ketika windows laptop kena virus, dimana terinstal Aplikasi Dapodik. Indikasi kena virus antara lain semua software di laptop lodingnya lama, termasuk Aplikasi Dapodik, malah tidak bisa dibuka sama sekali. dan akhirnya diputuskan Windowsnya harus format ulang. Kebetulan yang format windows ditangani orang lain (teknisi), yang tentu saja Aplikasi Dapodik yang tertanam di sistem C juga ikut lenyap.
Sempat kebingungan bagaimana mengembalikan databasenya, belakangan baru diketahui masih ada backup data (ekstensi dbz) yang pernah dibuat menggunakan Dapodik Helper, sangat menguntungkan pikirku…, tapi ternyata proses restore-nya tidak semulus yang diperkirakan, karena aplikasi dapodik tetap tidak berhasil dibuka, malah muncul Genap –NaN pada kolom periode

Laela Suliswati Genap NaN


Saya mencoba beberapa cara, baik ke laptop dan PC pada sistem windows yang berbeda. Sekalian percobaan, meskipun percobaan tidak disengaja, hanya karena rasa ingin tahu mengapa mengalami kegagalan di satu PC tapi tidak di PC yang lain, jadinya saya gonta-ganti komputer untuk uji coba.
Mengikuti saran dari para MasterOPS di Google tidak satupun yang berhasil, mungkin karena masalahnya yang beda, akhirnya saya coba-coba sendiri dan Alhamdulillah berhasil. Tidak perlu saya urai disini berapa lama dan bagaimana prosesnya sampai bisa berhasil, karena pastinya rekanOPS sudah bosan mendengarnya, dan sangat bisa merasakan betapa nikmatnya menghadapi permasalahan ngrumat aplikasi Dapodik ini. Hasil dari pengalaman ini saya share untuk rekan-rekan OPS yang membutuhkan dan mengalami permasalahan sama.
Tapi sebelum masuk ke bagaimana caranya, ada sedikit saran saya, bahwa rekanOPS perlu perhatikan sistem windowsnya.terutama untuk copy paste Database Dapodik, ternyata ada beda perlakuan antara sistem windows yang 64bit dengan yang 32bit. untuk lebih detail mengetahui perbedaan 64bit dan 32bit silahkan rekan OPS cari sendiri, banyak tentangnya di Google. Salah satu bedanya yang terpenting ( sesuai dengan kasus ini) yaitu yang model 64bit terdapat folder “Program Files (x86)” pada sistem C-nya, sedangkan yang model 32bit tidak ada, dan ini yang akan menjadi salah satu focus penting pada kasus bahasan Cara Mengatasi Instalasi Dapodik di Windows 32bit dan 64bit tidak muncul Genap /–NaN
Baiklah akan saya uraikan cara mengatasinya, terbagi dalam dua cara sesuai kasus dan sistem windowsnya silahkan rekanOPS simak pada link judul postingan dibawah ini, ( kedua cara telah saya coba dan berhasil dengan baik )

Laela Suliswati 32 bit

Cara Pertama



Laela Suliswati 64 bit

Cara Kedua



by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Cara Mengatasi Instalasi Dapodik di Windows 32bit dan 64bit tidak muncul Genap /–NaN. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

2 komentar :

  1. sis punya saya dapodik versi 3.00 setelah saya login tidak keluar tampilan beranda atau home ....padahal sebelumnya saya login normal normal saja...??mohon pencerahan??

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau tadinya bisa, jadi tidak bisa artinya login tidak bisa mendeteksi file databasenya. Coba dicek file di folder databasenya. Barangkali ada berpindah tempat.

      Hapus

http://laelasuliswati.blogspot.com/