Sabtu, 12 April 2014

Direktori Ide dan Gagasan Perpustakaan Sekolah

Laela Suliswati for Gagasan Perpustakaan Sekolah

Wacana
Tulisan ini adalah wacana berikutnya setelah penulis membuat wacana sebelumnya tentang Duta Pustaka
Direktori Ide dan Gagasan yang penulis maksudkan adalah usulan untuk kegiatan perpustakaan sekolah yang secara teknis bertujuan menampung beragam gagasan dari warga sekolah (siswa dan guru) yaitu gagasan atau ide tentang pengembangan perpustakaan dalam arti yang seluas-luasnya.
Disebut Direktori karena ide atau gagasan yang tertampung berupa berkas dapat dibendel atau dibukukan atau dicetak dalam bentuk direktori (tersusun berdasarkan kategori berkas atau tema gagasan).

Kita pastinya banyak mengalami dalam keseharian di sekolah, terkadang gagasan atau ide akan muncul mengalir sewaktu-waktu, dan kemudian gagasan akan hilang begitu saja seiring waktu bila tidak ada sistem yang dapat menampungnya.
Model menampung gagasan ini saya pribadi terispirasi dari anak saya sendiri yang pernah membuat wacana ini di kepengurusan OSIS SMP Negeri 1 Purwokerto tahun 2010, tapi bukan khusus untuk perpustakaan sekolahnya, meskipun tidak berjalan mulus sesuai harapan, setidaknya anak saya pernah mengembangkannya. Dan saya mencoba mengadopsinya untuk tujuan khusus di kegiatan perpustakaan sekolah.
Dengan model ini diharapkan akan bermunculan berbagai macam pandangan dari warga sekolah khususnya dari para siswa tentang perpustakaan, baik pandangan yang sederhana berupa celoteh siswa tentang perpustakaan yang mungkin saja baru mereka kenali sampai dengan pandangan berbobobot yang mungkin saja dapat menjadi rujukan kebijakan sekolah (semisal ide siswa bagaimana cara memperoleh buku yang mereka dapat lakukan, gagasan membuat kegiatan lomba minat baca, dan seribu kemungkinan lainnya yang dapat saja tidak terduga dan sangat brilian dari para siswa yang tentu saja seiring waktu akan semakin berbobot)
Direktori gagasan ini juga diharapkan bermanfaat khususnya bagi siswa untuk mencoba melatih membuat ide, gagasan, atau pendapat tentang sesuatu yang menjadi tema, terbiasa melirik dan berfikir tentang tema tersebut dan berupaya mengadakan pendekatan secara intensif agar memperoleh suatu gagasan, dan pada akhirnya diharapkan ada keberminatan yang diharapkan yaitu minat baca yang tinggi. dan siswa terbiasa untuk mencari referensi diantaranya dengan memanfaatkan perpustaskaan.
Direktori gagasan tentang tema perpustakaan ini dapat menjadi analisa bagi sekolah tentang seberapa jauh penilaian dan cara pandang siswa terhadap perpustakaan, dan ini sangat membantu sekolah untuk membuat kebijakan dan langkah-langkah terbaik untuk memacu minat baca.
Bagi perpustakaan sendiri, direktori gagasan ini merupakan karya produktif atau karya kreatif yang dapat disajikan untuk bahan bacaan, dan bernilai positif pada tingkat kemajuan sebuah perpustakaan modern, dimana perpustkaan harus dapat memproduksi hasil karya dari anggotanya (siswa/guru)
Secara umum dapat dijadikan analisa bagi sekolah tingkat kemajuan program pendidikan mandiri dengan salah satu cara meningkatkan minat baca melalui berbagai cara dan metode,

Teknis
Teknis penampungan ide dan gagasan dapat dengan cara membuat kotak penampung yang terbuat dari kayu, kaca, atau bahan lainnya yang diletakan pada tempat yang strategis dan dikenali. Cara ini cukup praktis dan biaya pembuatan kotak relatif murah. Tapi model ini sepertinya ada kelemahan dalam hal pemanfaatannya bila tidak didorong sebelumnya dengan suatu gerakan yang sedikit memaksa atau diwajibkan untuk pembiasaan mamasukan gagasan siswa pada kotak gagasan. Dan kelemahan lain dalam hal penyortiran serta pekerjaan untuk menuliskan kembali gagasan untuk diketik dan dicetak dalam kumpulan berkas direktori. 
Meskipun sebenarnya ada teknis menampung gagasan ini dengan cara yang lebih baik lagi yaitu melalui program SMS Gateway yang penulis miliki. Gagasan dapat dikirimkan melalui SMS dan otomatis masuk ke Komputer Server dan akan dengan sendirinya tersortir sesuai dengan pengkategorian, sekaligus tersusun menjadi direktori tanpa ada upaya pengetikan kembali.(kecuali ada koreksi dari editor). Dan kelebihan lain, server dapat secara otomatis merespon misal setiap seminggu sekali server akan melayangkan sms balik secara otomatis untuk mengucapkan terima kasih telah mengirimkan gagasan sebanyak sekian kali pada setiap minggunya, kelemahannya respon ini tentu saja berbiaya yaitu biaya pulsa pengiriman sms.
Untuk pembiasaan menulis ide dan gagasan oleh para siswa, sekolah dapat bekerjasama melalui pengurus OSIS (untuk SMP atau SMA) atau Guru Kelas (untuk SD), untuk menggalang wacana secara berkala dan periodik. Dengan cara mewajibkan kepada siswa misalnya kepada siswa baru pada acara MOS. Tentu saja dengan dukungan penuh dan pembinaan dari sekolah.
Kumpulan dari banyak gagasan tertulis dibendel menjadi sebuah buku direktori, lengkap dengan identitas pembuat gagasan dan waktu membuat gagasan. Bendel gagasan dibuat sedemikian rupa layaknya hasil karya tulis dengan cover dan ilustrasi menarik, dan direktori ini dapat dicetak secara periodik semisal dengan edisi cetak per tahun.
Pastinya Direktori Gagasan akan semakin baik dan berbobot tiap edisinya seiring dengan tumbuhnya gerakan gagasan dan minat baca. Gagasan satu akan menginspirasi gagasan berikutnya saling melengkapi menuju pada bentuk gagasan yang lebih baik.
Tidak ada komentar dan penilaian tentang gagasan, biarkan gagasan mengalir apa adanya. Untuk upaya pembiasaan budaya tidak takut mengeluarkan pendapat, koreksi dari editor yang penting tidak menyinggung masalah SARA.

Selamat berkreasi…salam.

by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Direktori Ide dan Gagasan Perpustakaan Sekolah. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

1 komentar :

  1. berarti seperti perpus ya bu guru,,sangat penting sekali untuk menambah ilmu wawasan pendidikan jika pada sekolah-sekolah ada perpustakaannya ya bu guru..hehe

    BalasHapus

http://laelasuliswati.blogspot.com/