Duta Pustaka yang dimaksudkan
penulis adalah model kegiatan yang pelaksanaanya terdiri dari beberapa siswa
pilihan yang siap menjadi yang terdepan dalam mensukseskan budaya membaca. Duta
Pustaka beranggotakan para siswa dengan kriteria memiliki ketekukan dan
keuletan mengajak teman-temannya untuk menyukai perpustakaan sebagai tempat
meminjam dan membaca buku. Duta Pustaka bertujuan agar para siswa memiliki
pengetahuan, keterampilan, dan sikap apresiatif terhadap perpustakaan sekolah.
Gagasan ini terinspirasi dari salah satu sekolah dimana siswa ikut membantu pelayanan peminjaman dan pengembalian buku yang dikerjakan oleh siswa dengan model piket terjadwal, yaitu tepatnya di perpustaskaan SMP N 3 Purbalingga. Saya terpesona dengan ketrampilan siswa dalam membantu pelayanan sirkulasi peminjaman, mencatat peminjaman dan pengembalian buku serta menstempelnya dengan cepat dan tepat, satu bukti adanya rutinitas menjalankan kegiatan tersebut dan sangat membantu proses pelayanan dari sekian banyak siswa pada kesempatan waktu yang terbatas (jam istirahat). Mereka para siswa dikenal sebagai Siswa Piket Perpustakaan.
§
Dengan inspirasi dimaksud, ada wacana terpikirkan mengembangkan fungsi dari
Petugas Piket sepertinya akan lebih baik bila dikembangkan dengan identitas
baru dengan nama yang lebih akrab dengan dunia perpustakaan dan lebih luas
pengertiannya semisal dengan nama Duta Pustaka.
§
Duta Pustaka dapat dikembangkan secara lebih luas daya gunanya dan
fungsinya serta memberikan efek kebanggaan serta citra unggulan untuk promosi siswa
yang lain untuk minat baca, meskipun salah satu fungsi membantu pelayanan dapat
terus dipertahankan untuk sekolah yang telah menjalankan fungsi piket pelayanan
perpustakaan.
§
Duta Pustaka, diharapkan secara resmi ditetapkan dan dibentuk oleh
sekolah (Kepala Sekolah) dengan kriteria khusus masing-masing sekolah.
§
Teknisnya dapat dipilih dari siswa tiap kelas sesuai kriteria, sehingga
di tiap kelas terdapat minimal 1 orang siswa sebagai Duta Pustaka.
§
Untuk pembeda dan upaya promosi minat baca, hemat saya pada hari
tertentu (misal seminggu sekali), para siswa Duta Pustaka memakai seragam
khusus sebagai Duta Pustaka., untuk membedakan dengan seragam sekolah yang
dipakai pada hari tersebut.
§
Duta Pustaka berfungsi menjadi simbol inspirator bagi siswa lain untuk
melirik Perpustakaan sampai dengan menjadikan perpustakaan tempat alternatif
yang nyaman untuk membaca, dan meminjam buku.
§
Duta Pustaka dapat diberi tugas khusus tentang perpustakaan yang tidak memberatkan tugas utama sekolah.
§
Duta Pestaka Mendapat pelatihan dan pengetahuan standart perpustakaan
dan kepustakaan, untuk memberikan gambaran pengelolaan, ilmu pengelompokan
buku, labeling, dan lain-lain.
§
Data Pustaka juga dapat membantu petugas perpustakaan dalam hal
pelayanan yang membutuhkan kordinasi siswa dari perpustakaan. (seperti tugas
menempel informasi atau mading perpustakaan, mengumumkan atau menyampaikan
informasi pembaca/peminjam buku terbanyak, sampai dengan mencoba merasakan atau
ikut membantu pekerjaan sirkulasi peminjaman, dan lain hal yang bisa ditentukan
dan baik untuk pengenalan dan kepedulian siswa terhadap perpustakaan)
Dapat dikembangkan secara
bertahap sampai dengan tercapai bentuk pengelolaan manajemen Duta Pustaka jadi lebih
baik dan berdaya guna, hingga bermanfaat untuk siswa sendiri pada khususnya,
untuk pengembangan fungsi perpustakaan, dan untuk keberhasilan sekolah pada
umumnya
by : Aktivitas Laela Suliswati
