Kamis, 27 Maret 2014

Celoteh Anak Didikku Membantu Memahami Keunikan, Sikap, dan Kepribadian Siswa

Laela Suliswati for Membantu Memahami Keunikan Anak
Saya menerapkan kebiasaan baru untuk anak-anak didikku di kelas 5 SD yaitu Menulis DIARY. Dilakukan setiap hari antara 10 – 20 menit setelah selesai jam pelajaran. Itu salah satu upaya saya untuk lebih mengenal pribadi dari masing-masing anak didikku. Tujuan utama saya adalah untuk melatih anak-anak mengungkapkan apa yang ada di pikirannya dengan bahasa tulis. Saya bebaskan tema yang akan menjadi
topik diary-nya. Tema yang ditulis berkisar tentang dirinya sendiri,  yaitu tentang dirinya berhubungan dengan gurunya, dirinya dan temannya, dirinya dan pelajarannya, dirinya dan lingkungannya, semua berhubungan dengan yang terjadi pada hari itu. Alhasil, sungguh sebuah celoteh anak yang luar biasa meski bahasa yang digunakan masih banyak yang sangat sederhana untuk ukuran sebuah pengakuan atau luapan perasaan.
Ada banyak hal yang bisa saya ambil inti dari celotehan harian anak-anak itu, terutama hal-hal yang merupakan “rahasia” dari tiap-tiap anak yang secara sengaja keluar dari kesaksian teman-temannya atau pengakuan dari dirinya sendiri. Dari diary itu sedikit banyak saya dapat mengetahui karakter detail dari anak didikku sampai yang paling rahasia (mungkin). Setelah saya pelajari memang sangat berhubungan sebab-akibat antara sifat dan pembawaan anak sehari-hari dengan lingkungan dimana anak itu tumbuh dan berkembang.
Sejujurnya kalau guru mengetahui lebih banyak (detail) setiap situasi dan latarbelakang dari setiap anak didiknya, InsyaAllah guru tidak akan membuat tuntutan yang sama kepada anak didiknya (tiap anak memiliki keunikan tersendiri). Atau guru mungkin saja bisa mengisi kekosongan yang tidak didapat anak didiknya di lingkungan keluarganya karena sesuatu dan lain hal. Misal kekurangan kasih sayang orangtua, bimbingan yang bersifat mendidik, teman berbagi ataupun kekurangan lainnya, karena  ternyata banyak diantara anak didik kita yang tidak tumbuh dengan asuhan langsung orangtuanya, dengan sebab orang tuanya yang menjadi TKI (Tenaga Kerja Indonesia) di luar negeri, tumbuh bersama banyak keluarga di satu atap, orang tua yang berada di bawah garis miskin sehingga harus membantu pekerjaan orangtua dan beragam permasalahan lainnya yang bisa mempengaruhi sifat, sikap, mental dan karakter anak dalam tumbuh kembangnya
Dengan pengalaman ini, mudah-mudahan saya bisa berbagi dengan teman-teman seprofesi. Beberapa hal yang mungkin teman-teman butuhkan lebih detail terkait informasi dan kegiatan ini, saya bisa lanjutkan pada posting berikutnya.
Terimakasih atas kunjungan dan telah membaca postingan saya. Mudah-mudahan bermanfaat. Silakan tinggalkan komentar Anda, sangat membantu untuk saya menulis pada postingan berikutnya.

by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Celoteh Anak Didikku Membantu Memahami Keunikan, Sikap, dan Kepribadian Siswa. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

2 komentar :

  1. Assalamkum , Ijin Shere, Syukur-syukur Berguna Kami Produsen & Supplier Furniture Mungkin Bisa Di Add PIN saya Buat Silatuhrahmi, Atau Nambah-nambah Relasi Dengan Kami.
    Pin: 29B6FE54
    Call Us : 082-220-960-468.
    Email: fauzulghufron@gmail.com
    web:www.galeryfurniturejepara.com
    web: www.indomebeljati.com,
    Addres: JL. Jepara -Kudus, Desa Tahunan, Kec Tahunan, Kab Jepara, Jawa Tengah, Indonesia , Pos:59451, Dengan Senag Hati Menjalin Silatuhrahmi dengan anda Amin , Semoga Bermanfaat,

    BalasHapus

http://laelasuliswati.blogspot.com/