Kamis, 02 November 2017

Peserta Upacara Model


Membina peserta upacara bendera agar tertib dan disiplin bukan hal yang mudah untuk dilakukan pada setiap pelaksanaan upacara bendera di sekolah, terutama di sekolah dasar. Padahal manfaat upacara bendera selain untuk melatih tertib dan disiplin, juga agar tumbuh jiwa kepemimpinan, membiasakan berpenampilan rapi, meningkatkan kekompakan, kebersamaan, serta menumbuhkan jiwa nasionalisme.
Untuk sekolah dasar dengan jumlah siswa kelas paralel yang banyak tentu saja peserta upacara akan semakin banyak dan membutuhkan ekstra ketekunan untuk melatihnya, agar manfaat dari upacara benar-benar dapat dirasakan oleh seluruh siswa. Belum lagi dengan siswa kelas rendah, kelas 1 atau kelas 2 yang pastinya untuk ketertiban, kedisiplinan, dan kerapihan berbaris pada upacara bendera sangat-sangat membutuhkan keahlian tersendiri agar siswa memahami tertib upacara.
Penulis memberikan solusi agar ketertiban dan kedisiplinan dapat terarah dan terbina dengan baik, strategis, dan efisien yaitu dengan cara membuat PESERTA UPACARA MODEL. Peserta upacara model ini deterapkan dengan suatu cara, antara lain :
  1. Peserta upacara model diambil dari dua kelas misal kelas V , atau perwakilan tiap kelas tinggi pada kelas paralel, jumlah peserta disesuaikan.
  2. Peserta upacara model ada pelatihan berbaris tertib dan rapih untuk pertama kalinya, beberapa hari sebelum pelaksanaan upacara bendera.
  3. Peserta upacara model untuk beberapa kali pelaksanaan semisal 4 kali atau setiap sebulan sekali berganti.
  4. Peserta upacara model menjadi peserta contoh tentu saja akan berbaris di tengah lapangan upacara, agar terlihat oleh peserta upacara lainnya.
  5. Peserta upacara model akan menerima pin penghargaan bila telah usai mendapat giliran tugas, diharapkan pin penghargaan akan selalu dipakai pada setiap upacara, agar bisa menjaga ketertiban secara mandiri selama mengikuti upacara, dan menjadi contoh bagi peserta upacara lainnya yang belum mendapatkan giliran mendapat pin penghargaan.

Demikian usulan, mudah-mudahan mendapat tanggapan dari teman-teman, dan semoga bermanfaat.
Salam...
Penulis : Laela Suliswati. (SDN Ledug-Kec.Kembaran-Kab.Banyumas-Jateng)

by : Aktivitas Laela Suliswati

Blog Aktivitas Pendidikan. Anda sedang membaca artikel tentang Peserta Upacara Model. Oleh Admin, Anda diperbolehkan mengcopy paste atau menyebar-luaskan artikel ini, namun jangan lupa untuk meletakkan link dibawah ini sebagai sumbernya

Salam : Laela Suliswati

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar :

Posting Komentar

http://laelasuliswati.blogspot.com/